Wow, Mobil Mewah Dunia Dengan Nama Indonesia


Mungkin Anda sudah mengetahui contoh city car yang banyak berkeliaran di jalan-jalan saat ini. Contohnya seperti suzuki ertiga atau Datsun Go+ Panca yang terdengar tidak asing di telinga. Sahabat, apakah kalian pernah berpikir atau membayangkan bagaimana jika mobil pabrikan yang sudah tersohor sekelas Lamborghini, jeep, dan sebagainya memakai nama asal Indonesia Negara yang kita cintai ini. 

Berikut daftar pabrikan mobil mewah yang memakai nama asal Indonesia :


1). Porsche Macan

gambar Porsche Macan

Publik Indonesia merasa bangga dan haru ketika pada tanggal 16 Februari 2012 lalu pabrikan mobil mewah dan berkelas asal Jerman, Porsche mengumumkan jika mobil SUV yang baru akan mereka namai dengan “Macan”. Hal tersebut dipaparkan dalam siaran langsung saat konferensi persnya, pabrikan Porsche menyatakan jika nama Macan diambil dari bahasa Indonesia. Porsche mengambil nama Macan karena memiliki sebuah arti dan filosofi yang sama dengan kualitas mobil jebulan terbarunya tersebut. Pabrikan asal Jerman tersebut memadukan karakteristik mobil sport dengan kelebihan dari semua SUV, dan mobil ini adalah Porsche sejati. Hal tersebut dikatan langsung oleh Bernhard Maier, yang notabene adalah Executive Vice President Sales and Marketing Porsche AG.

gambar Porsche Macan

Mobil ini di desain dengan 5 pintu dengan gaya mirip Porsche Cayenne, tetapi memiliki bodi lebih kecil maka disebut juga sebagai “baby SUV”. Sahabat, sebelumnya model SUV ini bernama Porsche Cajun, namun diganti menggunakan bahasa Indonesia menjadi Porsche Macan. Nama Porsche terbaru ini terdengar menyatu dengan merek mobilnya, terdengar bagus dalam berbagai bahasa dan dialek," lanjut oleh Bernhard. Porsche Macan akan menggunakan platform seperti saudaranya, yaitu Audi Q5. Untuk proyek ini Porsche menginvestasikan dana sebesar 500 juta euro untuk dapat memperluas pabrik mereka dan meningkatkan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.000 orang, agar hasil yang didapat maksimal.

2). Jeep Mountain Jaya Wijaya

gambar Jeep Mountain Jaya Wijaya

Sahabat, yang satu ini meski mobil mewah dan keren abis dan ia lahir dari Amerika Serikat, yaitu Jeep Wrangler Mountain. Tetapi sewaktu akan memberi nama sang pengarang terinspirasi dengan petualangan di alam pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang ada di Papua. Ada sebuah decal yang bertuliskan MOUNTAIN di kanan-kiri kap mesin, tulisan itu memiliki arti spesial untuk Indonesia. Karena, disamping tulisan MOUNTAIN tersebut, tergambar siluet gagahnya gunung Puncak Jaya Wijaya yang berada di Pulau Papua. Tidak hanya itu, ada sederatan angka di bawah grafis MOUNTAIN yang memiliki arti koordinat garis lintang dan garis bujur dari Pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang tidak lain adalah gunung tertinggi di Indonesia.

gambar Jeep Mountain Jaya Wijaya

Itu adalah makna dari penghormatan untuk Indonesia yang semakin kuat ketika peta NKRI juga tergrafir di bagian decal berikut lambang target Pulau Papua, jelas dari Chief Marketing Officer PT Granasindo Inter Global Rieva Muchsin. Menariknya lagi adalah meski memiliki ornamen body bernuansa kental Indonesia, bukan berarti Jeep Wrangler Mountain hanya dijual di pasaran Indonesia. Tapi, Jeep Wrangler Mountain dipasarkan secara global, yang tentunya masih dengan ornamen bernuansa Indonesia.

Jeep Wrangler Mountain didukung mesin 3.6-liter, V6, PENTASTAR berdaya dengan kekuatan 285 tenaga kuda dan torsi 347 Nm, daya disalurkan oleh transmisi otomatis 5-speed berfitur ERS (Electronic Range Selector). Hal tersebut direkayasa untuk menguasai dunia off-road ,terpasang axle depan Dana 30 dan Dana 44 untuk axle belakang. Terdapat pula Transfer case Command-Trac NV241, 2-speed selector adalah perlengkapan standar dengan rasio low-range 2.72:1. Masuk ke Indonesia hanya dalam varian 4-doors, Jeep Wrangler Mountain dibanderol dengan harga Rp.760 juta off the road Jakarta.

3). Lamborghini Madura

gambar Lamborghini Madura

Mungkin sahabat sudah mengetahui tentang rencana pabrikan mobil asal Italia Lamborghini yang akan memproduksi mobil dengan versi madura. Rencana pembuatan mobil ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2010 dengan target peluncuran pada tahun 2015, tetapi saat ini telah pasti jika salah satu mobil pabrikan mewah ini akan hadir pada tahun 2016. Mobil ini terinspirasi dari budaya Madura yaitu Karapan sapi, tepatnya adalah ketika konseptor pabrikan sedang mencari di internet nama dengan kata kunci “Banteng terkuat” dan tampillah gambar karapan sapi yang mengesankan, permainan ini terlihat gagah dari pulau tersebut. Hal ini cocok dengan mobil yang memang memiliki lambang yaitu banteng kuat. Sehingga pada akhirnya diambillah nama pulau tersebut sebagai nama mobil garapan selanjutnya.


Mobil Lamborghini Madura kabarnya akan dipatok dengan angka 5 Juta USD atau sekitar 48 M rupiah. Mobil dengan tipe Hybrid Lamborghini pertama (untuk Hybrid adalah yang pertama) ini memiliki konsep yang terkesan elegan dan seksi.

Seharusnya sebagai Rakyat Indonesia, Khususnya Madura harus bangga dengan hal ini karena Lamborghini Madura merupakan mobil Eropa pertama yang memakai nama berbau Indonesia. Sebelumnya Lamborghini yang sering terdengar di telinga kita adalah Lamborghini Gallardo dan Lamborghini Aventador. Semoga saja Lamborghini Madura juga dapat menjadi sarana promosi Indonesia di mata dunia, Khususnya Untuk Pulau Madura. Semoga dengan memakai nama asal Indonesia ini mampu membuat kaum muda kita menjadi greget positif untuk lebih kreatif menciptakan sesuatu yang dapat dikenal oleh dunia. Semoga juga pemakaian nama asal Indonesia ini dapat membuat Negara kita lebih dikenal oleh mata dunia.

0 Response to "Wow, Mobil Mewah Dunia Dengan Nama Indonesia "

Posting Komentar