10 Ritual Aneh Yang Ada Di Dunia


Di berbagai belahan dunia banyak dikenal beragam ritual budaya atau adat yang terkesan janggal dalam logika. Walaupun zaman sudah berganti tetapi ritual tabu ini masih ada saja yang menerapkan hingga kini. 

Berikut 10 daftar ritual adat aneh yang ada di dunia dan mungkin dapat membuat Anda menggeleng-gelengkan kepala saat membacanya :



1). Kanibalisme


gambar Kanibalisme di India

Ritual aneh ini dilakukan oleh suku Aghori Babas yang bermukim di Kota Varanasi, India. Mereka dikenal masih suka memakan mayat. Hal ini dilakukan sebab timbulnya rasa takut yang luar biasa akan kematian. Dipercaya jika ritual itu dapat menuju jalan pencerahan yang mereka yakini.



2). Tarian Matahari


gambar Tarian Matahari di Amerika

Ritual ini biasa dilakukan oleh penduduk asli Amerika. Mereka sangat menghormati Roh Agung serta pohon kehidupan. Singkat cerita, ritual ini mengharuskan dada dari si korban untuk ditusuk dengan tongkat bertali yang kemudian akan dihubungkan ke Pohon Kehidupan, dan para penduduk akan menari melingkari si korban. Ritual ini dilakukan selama berjam-jam, hingga kepala suku menghentikannya.


3). Menyalahkan Diri Sendiri


gambar upacara Menyalahkan Diri Sendiri

Ritual ini biasa dilakukan pada saat bula suci Muaharam untuk memperingati kesyahidan dari Hussain, yaitu cucu Nabi dari Muhammad SAW. Mereka membiarkan tubuhnya disakiti dengan bermacam alat seperti, cambuk, pisau, dan lainnya. Mereka Tidak merasa sakit sedikit pun dengan dalih agama.


4). Gkol


gambar ritual gkol

Sekilas ritual ini mirip dengan olahraga ekstrim yaitu bungee jumping. Ritual ini dilakukan oleh penduduk Desa Bunlap Kepulauan Pasifik. Mereka menyebutnya dengan ritual Gkol. Singkat cerita, ritual ini dilakukan dengan cara melompat dari atas menara dengan posisi kaki terikat akar tanaman. Lantas dia akan jatuh dengan posisi kepala terlebih dulu, hal ini ditujukan untuk melihat kebersihan dan ikhlasnya si korban untuk sang dewa.


5). Voodoo


gambar upacara Voodoo

Ritual ini dilakukan di beberapa kawasan bagian Afrika Barat. Vodun, adalah agama yang diyakini di wilayah tersebut, cara melakukan ritual ini ialah dengan membuat orang tersebut menjadi lemah tidak berdaya dan membawanya untuk masuk ke hutan dan menemui roh bumi, yang bernama Sakpata. Si korban selama tiga hari tidak diperbolehkan untuk makan dan minum hingga kembali sadar.


6). Kuburan Atas Langit


gambar upacara Kuburan Atas Langit

Bagi warga Tibet hampir tidak mungkin untuk menguburkan jasad sesorang secara normal. Karena pada wilayah Tibet seluruhnya diselimuti oleh bebatuan. Jika ada seseorang yang meninggal, maka jasadnya akan ditumbuk menjadi halus yang kemudian akan disebar untuk dikonsumsi para elang pemakan bangkai.


7). Jalan Diatas Api


gambar upacara Jalan Diatas Api

Ritual ini telah lama dilakukan oleh warga Penang, Malaysia. Warga selalu melakukan ritual ini pada Festival Sembilan Dewa Kaisar, yiatu sebuah perayaan Tao. Diyakini, jika berjalan diatas api yang menyala dapat membuang semua pengaruh jahat dan dapat membersihkan dari semua kotoran (dosa).


8). Menari bersama mayat


gambar ritual Menari bersama mayat

Ritual yang satu ini dapat Anda jumpai di Madagaskar, yaitu pada Festival Famadihana. Festival tersebut bermakna “menghidupkan tulang-belulang”. Ritual ini dilakukan setiap 2 sampai 7 tahun sekali, ritual dimulai dengan menggali kuburan orang mati yang dicintai, kemudian semua keluarga hingga warga menari dengan mayat tersebut yang diiringi dengan dentuman musik keras di area kuburan.


9). Impaling


gambar ritual Impaling di phuket

Ritual mengerikan ini dilakukan oleh penduduk Phuket, Thailand. Festival Vegetarian ini sungguh sebuah ritual yang tidak biasa. Cenderung ekstrim, karena semua peserta wajib merajam dan menusuk bagian tubuh mereka dengan senjata tajam. Ada sebuah keyakinan jika bagian pipi yang ditusuk maka dapat melindungi mereka dari kejahatan.


10). Penghomatan Kematian


gambar ritual Penghomatan Kematian di Amazon

Ada ritual aneh suku Yanomani, mereka adalah suku primitif dari pedalaman Amazon. Mereka percaya jika kematian bukan sebuah fenomena yang alami. Ketika ada keluarga atau warga yang meninggal, maka mereka akan dikremasi layaknya ritual pada umunya. Tapi, di sinilah anehnya, abunya dari mayat tadi akan dicampur dengan buah pisang kemudian akan difermentasi. Hasil campuran ini kemudian akan dikomsumsi bersama-sama. Apakah Anda berminat?

0 Response to "10 Ritual Aneh Yang Ada Di Dunia"

Posting Komentar