Unik, Tiba-Tiba Semut Asal Indonesia Ini Mendunia


Semut merupakan hewan yang berukuran kecil dan biasanya menjadi hama atau pengganggu bagi manusia. Namun di Negara kita, ada seekor semut yang sangat kuat. Semut rangrang atau bahasa latinnya adalah Oecophylla, tersebut tidak sengaja diabadikan menggunakan kamera seorang remaja di kebun yang ada di rumahnya. Dalam gambar tersebut, tampak dengan jelas terlihat jika si semut menggunakan kekuatan tubuhnya untuk mengangkat seekor ulat hijau yang memiliki ukuran berkali-kali lipat jauh lebih besar dari tubuhnya tanpa ada bantuan dari semut lainnya. Semut tersebut panjangnya tidak sampai satu sentimeter, sedangkan ulat yang dibawanya memiliki ukuran panjang kurang lebih lima sentimeter.

gambar Unik, Tiba-Tiba Semut Asal Indonesia Ini Mendunia

Orang yang mengabadikan foto tersebut adalah Frenki Jung, remaja yang berumur 17 tahun. Awalnya dia melihat si semut di halaman belakang rumahnya di Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. “Semut merah itu dengan gagah mengangkat ulat hijau sambil berjalan. Semut ini memang termasuk semut yang kuat dan tampaknya dia melakukan itu untuk menguji dirinya,” kata Frenki yang dilaporkan oleh Daily Mail.

Bahkan media lainnya menyoroti foto semut kuat itu, Metro menyebut, jika semut di tanah air kita ini sebagai serangga “Arnold Schwarzenegger” untuk menggambarkan betapa kuat dan tangguhnya hewan tersebut. Dijelaskan jika awalnya semut itu tengah menjalankan sebuah misi untuk membuat sarang atau rumah bersama teman semut lainnya. Namun saat di tengah perjalanan pada sebuah batang tumbuhan, terlihat ada seekor ulat yang menghambat. Maka dari itu si semut rangrang perkasa langsung saja menyerang dan menggigit ulat keket hijau tersebut hingga tidak berdaya. Selanjutnya, si semut mengangkat ulat besar itu menggunakan rahangnya yang kecil namun kuat.

gambar betapa kuatnya si semut rangrang

Hal Ini sangat menakjubkan, saya sangat kagum dengan semut itu,” ujar kekaguman Frenki Jung, yang berhasil memotret fenomena langka itu di belakang halaman rumahnya di Sambas. Semut rangrang banyak ditemukan di Negara-negara bagian Asia dan Australia. Koloninya bisa mencapai setengah juta. Semut jenis ini terkenal sebagai pembunuh serangga dan jenis hewan kecil lainnya.

0 Response to "Unik, Tiba-Tiba Semut Asal Indonesia Ini Mendunia"

Posting Komentar