5 Hewan Unik Yang Punah Akibat Perbuatan Manusia


Kali ini saya akan membahas tentang beberapa hewan unik yang punah disebabkan oleh manusia. Jadi, semoga saja dengan postingan ini bisa bermanfaat untuk menyadarkan kita agar tidak menjadi spesies atau makhluk yang egois di muka bumi ini.

Berikut daftar 5 hewan unik dan langka yang punah akibat ulah dari manusia :


1). Moa

gambar hewan yang punah akibat manusia

Kepunahan dari suatu makhluk hidup merupakan sebuah takdir yang pasti. Kurang Lebih sebanyak 99,9% makhluk hidup yang pernah ada di dunia ini sebenarnya telah punah. Tetapi beda kasusnya jika kepunahan tersebut disebabkan dari ulah manusia. Contohnya saja kepunahan burung moa yang unik. Moa adalah sejenis burung raksasa yang tidak dapat terbang yang dulunya hidup di wilayah Selandia Baru. Sangat disayangkan sejak kehadiran suku Maori di Selandia Baru kurang lebih pada tahun 1300 an, burung ini terus saja diburu oleh mereka. Burung ini biasanya dimanfaatkan daging, telur, hingga bulunya. Hanya membutuhkan waktu 100 tahun hingga burung ini akhirnya dinyatakan punah.

2). Great Aux

gambar 5 Hewan Unik Yang Punah Akibat Perbuatan Manusia

Hewan berikutnya adalah Great Aux atau dinamakan juga Penguin, hewan yang merupakan sejenis burung endemik di wilayah Inggris, tetapi dinyatakan punah pada tahun 1884 akibat diburu oleh manusia. Uniknya, setelah punahnya burung ini, ditemukan kembali burung yang mempunyai ciri-ciri yang sama oleh para penjelajah di Kutub Selatan.

3). Tasmanian tiger

gambar 5 Hewan Unik Yang Punah Akibat Perbuatan Manusia

Hewan yang memiliki nama latin Thylacine ini, dijuluki sebagai Tasmanian tiger atau Tasmanian wolf oleh para pendatang dari Eropa yang serta merta menjadi penyebab kepunahan mereka. Tasmanian diburu oleh manusia karena dianggap hewan itu sebagai penganggu hewan ternak peliharaan, dikarenakan tasmanian memang bersifat karnivora. Hewan ini cuma dapat ditemui di Pulau Tasmania, yaitu tepatnya di selatan Negara Australia. Tetapi pada akhirnya hal yang ditakutkanpun terjadi, Tasmanian kini benar-benar punah dari muka bumi pada tahun 1936.

4). Quagga

gambar 5 Hewan Unik Yang Punah Akibat Perbuatan Manusia

Pastinya kalian tidak menyangka dan takjub ketika melihat gambarnya tentu kita serentak akan tercengang dan mungkin juga ada yang berpikir jika itu palsu dan hanya untuk lelucon saja. Tetapi hewan ini memang ada dan nyata, tidak menyangka hewan seunik ini sempat hidup di bumi kita. Hewan dengan nama latin Equus Quagga ini sekilas jika diperhatikan mirip campuran kuda dan zebra, tetapi sebenarnya quagga merupakan spesies yang tidak sama.

Quagga cuma hidup di selatan Afrika dan punah akibat perburuan manusia. Quagga terakhir yang hidup di alam bebas mati ditembak pada tahun 1870 dan quagga terakhir yang sempat dilihat oleh manusia, mati di kebun binatang Amsterdam pada tanggal 12 Agustus 1883.

5). Pyrenian ibex

gambar 5 Hewan Unik Yang Punah Akibat Perbuatan Manusia

Hewan yang memiliki ciri khas yaitu tanduk ini awalnya hidup dengan jumlah koloni yang banyak di Pegunungan Pyreness, Perancis. Tapi pada akhirnya lantaran terus saja diburu dan terdesak oleh manusia, dengan perlahan tapi pasti hewan ini akhirnya menemui kepunahan pada tahun 2000.

Pyrenian ibex yang terakhir di muka bumi yang bernama {Celia} akhirnya mati tetapi uniknya, Celia berhasil dikloning oleh para ilmuwan di Perancis, tapi sayangnya selang kurang lebih tujuh menit sesudah dilahirkan, kloning dari Celia akhirnya mati disebabkan kegagalan pernapasan.

0 Response to "5 Hewan Unik Yang Punah Akibat Perbuatan Manusia"

Posting Komentar